Iksandalika Kembali Laksanakan Perayaan Maulid

IKSANDALIKA -  Organisasi Ikatan Santri Muda Lintas Kecamatan (Iksandalika) PPA. Lubangsa Selatan kembali melaksanakan program tahunannya, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Dalam Iksandalika, PHBI ini ada dua momen dalam satu tahun; Kelahiran Nabi Muhammad (Buan Rabi’ul Awal) dan Isra Mikraj Nabi Muhammad (Bulan Rajab). Namun, tak mesti dua kali Iksandalika melaksanakan PHBI tersebut dalam kurun waktu satu tahun, dua tahun sebelumnya Iksandalika hanya melaksanakan perayaan Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw. di kediaman Mas Zawi, Desa Panagan, Gapura. Setelah itu, Iksandalika baru berhasil melaksanakan PHBI dua kali dalam satu tahun. Perayaan Kelahiran Nabi Muhammad dilaksanakan di rumah Iqbal Gufron, Desa Lapataman, Dungkek. Sedangkan Isra Mikraj dilaksanakan di rumah Faizi, di Kecamatan Dungkek.

Di tahun 2015 ini, Iksandalika yang dinahkodai oleh saudara Herman S. telah berhasil menjalankan program wajibnya, yaitu perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw. yang bekerjasama dengan Musala Ar-Rahman Desa Dasuk Laok, Kecamatan Dasuk, Sumenep, tepatnya di rumah Ach. Imamuddin, Penasihat Iksandalika Kamis (15/1) kemarin.

Abd. Aziz Rofiqi, ketua panitia dalam acara PHBI ini, menuturkan bahwa beberapa minggu sebelum acara dilaksanakan dia bersama panitia lain mempersiapkan segalanya untuk menyukseskan acara perayaan Maulid Nabi ini, “Jauh-jauh hari kami sudah persiapkan”, ungkap santri asal Tamansare, Dungkek tersebut. Dia melanjutkan, “Yang paling penting dan selalu diutamakan adalah masalah dana, karena dalam satu tahun terakhir Iksandalika sudah tidak menjalankan proposal atau surat permohonan sumbangan dana kepada para simpatisan seperti yang dilakukan beberapa tahun sebelumnya”.

Menurutnya, sumber dana dalam acara perayaan Maulid kali ini adalah dengan cara sumbangan dari semua anggota Iksandalika, “Kami (panitia) sepakat meminta sumbangan dana kepada anggota Iksandalika sebesar Rp. 30.000 per-orang, semua anggota Iksandalika berjumlah 54 orang. Itu belum mencukupi terhadap anggaran yang telah kami rancang sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 1.900.000” sambung santri yang juga aktif dalam Takmir Masjid PPA. Lubangsa Selatan tersebut.

Pantauan Kru Duta Santri, sejak Kamis (15/1) pagi beberapa panitia berangkat lebih dulu ke rumah Ach. Imamuddin untuk membantu masyarakat Desa Dasuk Laok dalam mempersiapkan panggung, tempat tamu dan lain sebagainya. Sedangkan anggota Iksandalika yang lain berangkat Kamis sore bersama ketua pengurus PPA. Lubangsa Selatan, Koord. Departemen Puspenwas dan undangan Hadrah Hikmatus Surur (Hirur) PPA. Lubangsa Selatan.[iet/viel]
Share this video :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Duta Santri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger